الأربعاء، 12 ديسمبر، 2012

Sejarah Nabi Muhammad



1. PERISTIWA YG MELATAR BELAKANGI KELAHIRAN NABI MUHAMMAD SAW.

 
    Ada beberapa peristiwa yg menakjubkan yg melatar belakangi kelahiran Nabi Muhammad saw..
Abul hasan an-Nadwi menyebutkan bahwa sejumlah penulis besar tentang sirah dan para pakar hadits meriwayatkan terjadinya peristiwa-peristiwadi luar kebiasaan pada saat kelahiran nabi suci. Beberapa di antara peristiwa tsb adalah:
1.Surutnya Danau Sawa
2.Bergoyangnya singgasanaKisra hingga menimbulkan bunyi dan empatbelas balkon di istananya
3.Serta padamnya api persia yg belum pernah padam sejak seribu tahun sebelumnya.
Nabi Muhammad saw dilahirkan dari rahim ibunya ( Aminah binti Wahhab ) di Kota Mekkah pada hari senin tanggal 12 Robbiulawal tahun gajah atau bertepatan dengan tanggal 20 april 570 M.
Nabi Muhammad saw telah menjadi yatim sejak kelahirannya. 'Abdullah bin 'abdul muttalib, ayahnya meninggal sejak ia meninggal di kandungan. Saat di rumah saudaranya ibunya di madinah, ia menderita sakit dan meninggal.
Kelahiran Nabi Muhammad saw di sambut dgn gembira oleh kakeknya ( Abdul Muttalib ), ia sangat menyayangi nabi Muhammad saw. Setelah kelahirannya, nabi Muhammad saw dibawa kakeknya mengelilingi ka'bah dan diberi nama. ia dinamai Muhammad dgn harapan kelak ingin menjadi orang yg terpuji. saat usia Nabi Muhammad saw tujuh hari, kakeknya menyembelih unta dan mengundang masyarakat Quraisy untuk makan bersama sebagai bentuk rasa syukur atas kelahiran cucunya.
Pada suatu hari, saat usia nabi Muhammad saw 40tahun, seperti biasanya, ia menyepi di gua hira. Saati tidur, tepatnya pada 17 ramadan 12 SH( 12 tahun sebelum hijriah ) malaikat jibtil mendatanginya untuk menyanpaikan wahyu. wahyu pertama nabi Mhammad saw adalah surat Al-Alaq ayat 1-5. Saat di temui oleh malaikat, nabi Muhammad saw ketakutan. di ceritakan bahwa malaikat itu mendatanginya seraya berkata: "Bacalah wahai Muhammad.!" Namun beliau menjawab: "Aku tidak bisa membaca." Malaikat itu pun menarik dan mendekap nabi Muhammad saw, seakan mencekiknya, kemudia mngulangi perkataannya. Nabi Muhammad saw pun menjaab hal yg sama. hingga tiga kali, akhirnya malaikat jibril melepaskan dan mengatakan: "Bacalah dengan (menyebut) nama tuhanmu yg menciptakan, dia telah menciptakan manusia denagn segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah yg mahamulia, yg mengajarkan (manusia) dengan pena. dia mengajarkan manusia apa yg tidak di ketahuinya." (Q.S al-Alaq [96]:1-5). Muhammad saw pun mengucapkannya dan malaikat itu meninggalkannya. beliau sangat ketakutan dan gemetar. ia berlari meninggalkan tempat itu dan kembali ke rumah.
Mendengar peristiwa itu, Khadijah pun mendatangi  Waraqah, seorang pendeta nasrani. dari pendeta itu,khadijah mengetahui bahwa suaminya adalah manusia pilihan.ia adalah seorang nabi yang di utus untuk mengajar ke baikan di dunia seperti hal nya nabi musa a.s..khadijah  pun kembali dan menceritakan semua yang di katakan warakah kepada muhamad saw...
Itulah hari pertama dan wahyu pertama yang di terima Nabi Muhammad saw.dari Allah Swt.melalui malaikat Jibril yang menandai awal kenabian dan kerasulan. dengan di angkatnya Muhammad saw sebagai nabi, Khadijah pun langsung menyatakan diri menjadi penganut islam. ia adalah wanita pertama yg menganut islam.

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق